MAHASISWA PSIKOLOGI RAIH JUARA 1 LOMBA MENULIS CERPEN NASIONAL GERAKAN MENULIS (GELIS)

(Sabtu,4/5) Jurusan Psikologi FIP UNY kembali membuktikan prestasinya. Kali ini, Muhammad Abdul Hadi mahasiswa Psikologi tahun angkatan 2016 berhasil meraih juara 1 di ajang lomba penulisan cerpen Gerakan Menulis (GELIS) yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UNY.

GELIS sendiri merupakan rangkaian acara yang diinisiasi Himpunan Mahasiswa (HIMA) PGSD UNY yang terdiri dari seminar nasional pendidikan, lomba penulisan esai, dan lomba penulisan cerpen. Abdul Hadi memenangi lomba penulisan cerpen dengan judul karya “Makam di Atas Bukit”. Tidak main-main, juri kawakan yang mengkurasi karya Abdul Hadi adalah Muhammad Qhadafi, sastrawan muda asal Yogyakarta dan Beniati Lestyarini, dosen bahasa dan sastra FBS, UNY.

Abdul Hadi menyatakan bahwa cerita pendeknya berusaha menyampaikan tentang benturan mitologi dengan modernitas di Indonesia, yang kemudian dibingkai dari perspektif anak kecil. "Cerita ini berangkat dari kegelisahan saya pada kepercayaan supranatural dan masyarakat tradisional Indonesia yang kian terpinggirkan karena teknologi dan kepentingan ekonomi," ujar Abdul Hadi.

Selama ini, tulisan-tulisan fiksi Abdul Hadi kerap ditayangkan di media massa daring dan cetak. Saat ini, Abdul Hadi mengasah kemampuan menulisnya di UKM jurnalistik, LPM Ekspresi UNY. “Menulis itu harus dinamis, berkutat dengan peristiwa dan masalah-masalah kemanusiaan, dan di dunia jurnalistik saya mengasah kepekaan sosial saya,” tutup Abdul Hadi. (yul.tj)