SEMINAR NASIONAL PSIKOLOGI UNY 2019

(21/9) Jurusan Psikologi FIP UNY bekerjasama dengan beberapa universitas diantaranya Universitas Negeri Makasar (UNM), Universitas Negeri Malang (UM), dan Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menyelenggarakan Seminar Nasional Psikologi dan Karakter Bangsa dengan tema “Peran Psikologi Dalam Mengembangkan Karakter Bangsa untuk Menghadapi Revolusi INDUSTRI 4.0”. Keynote Speech Dr. Mohammad Sofwan Effendi, M.Ed.(Dikti), plenary session oleh Prof. Suyanta, Ph.D. (UNY) dan Dr. Neila Ramdhani, M.Si.,M.Ed. (UGM). Kegiatan Seminar Nasional Psikologi dan Karakter Bangsa tersebut diselenggarakan di Gedung Pascasarjana lt7 UNY.Seminar yang dihadiri 200 peserta ini, dibuka oleh Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisno Wibawa, M.Pd.

"Indonesia telah mencanangkan menjadi negara maju pada 2045. Visi Indonesia negara maju 2045 mencakup yaitu: 1. Big 5 world’s economy, 2. Better infrastructure, 3. Leading industrial sector, 4. Advanced human resources, 5. Clean energy resource. Sehingga nanti tepat 100th kemerdekaan RI diharapkan Indonesia telah menjadi negara maju", buka Dirjen Sumber Daya IPTEK DIKTI, Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc., Ph.D dalam mengawali paparannya. Paparan yang dimoderatori oleh Dr. Siti Rohmah Nurhayati, M.Si berlangsung sangat dinamiS. Plenary session oleh Prof. Suyanta, Ph.D. (UNY) memaparkan tentang peran institusi dalam pengembangan karakter bangsa menghadapi revolusi industry 4.0, sedangkan Dr. Neila Ramdhani, M.Si.,M.Ed. (UGM) memaparkan tentang psikologi dan pengembangan karakter.

Seminar ditutup dengan sesi Paper Presentation. Pada sesi ini diikuti oleh 33 presenter. Peserta presenter yang berasal dari beberapa universitas di Indonesia mempresentasikan hasil penelitian yang telah dilakukan. Topik penelitian yang disampaikan antara lain: (1) Peran Psikologi dalam pendidikan karakter, (2) Karakter dalam konteks industry dan organisasi, (3) perkembangan dan intervensi berbasis pendidikan karakter, dan (4) Psikologi dalam konteks pendidikan dan karakter dalam konteks masyarakat. (yul.tj)