Peluang dan Tantangan Magister Psikologi Sains di Dunia Industri

Jum’at (29/09/2023) Departemen Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta (FIPP UNY) menyelenggarakan acara “Praktisi Masuk Kampus” yang diikuti oleh seluruh mahasiswa S2 Psikologi FIPP UNY secara luring bertempat di Aula Gedung Moh. Amien yang berlokasi di Kampus 1 UNY.

Acara ini bertemakan “Peluang dan Tantangan Kerja di Dunia Industri” dengan narasumber Hendarjat Hambali, S.Psi., Psikolog., M.M., Assessor, Trainer, Coach Training and Assesment Center dari KALLA Group. Selain itu beliau juga seorang dosen di KALLA Bussiness School yang telah mengantongi Certified Coach (LCPC), Assessor, dan Psychologist Certified (SIPP).  Kaprodi S2 Psikologi, Dr. Rosita Endang Kusmaryani, M.Si. dalam sambutannya berharap agar acara ini dapat menjadi bekal mahasiswa Psikologi S2 terutama dalam menghadapi tantangan kerja di dunia industri.

Dalam pemaparannya,  narasumber menjelaskan ada modal yang harus dipegang untuk bekal masa depan yaitu berpikir kritis, berpikir kreatif, kolaboratif, dan komunikatif. Dengan bekal tersebut diharapkan mahasiswa nantinya akan memahami apa peluang dan passion yang harus dikembangkan setelah lulus.

Sebagai calon lulusan Magister Psikologi Sains terutama dengan peminatan Psikologi Industri dan Organisasi (PIO) acara ini berhasil membuka wawasan baru supaya lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Tentunya materi yang di suguhkan adalah materi yang praktikal, mahasiswa Magister Psikologi Sains diajak langsung memahami apa yang terjadi di dunia kerja dan industri saat ini. “Mahasiswa psikologi sebagai yang berminat sebagai praktisi HR hendaknya memahami 5 komponen cycle of HR practices yaitu HR strategy, recruitment & selection, assesment, appraisal engagement, dan reward. Walaupun bukanlah hal yang mudah namun janganlah pernah berhenti mencari ilmu dan jangan pernah puas akan sesuatu.” jelasnya.

Dalam acara tersebut mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk bertanya kepada narasumber tentang materi yang dibahas dan peserta dalam acara ini tampak antusias mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Beberapa pertanyaaan terkait dengan permasalahan magang, kompetensi yang dibutuhkan di dunia industri, beberapa praktik di dunia industri. 

Acara ini ditutup dengan clossing statement oleh narasumber, “Hanya ada 2 pilihan setiap pagi untukmu, kamu segera bangun untuk mewujudkan mimpimu atau tidur lagi untuk melupakan mimpimu”. (HAA)