Pelatihan Metodologi Penelitian Scoping Review

Dalam menyajikan suatu fenomena di lapangan yang akan dijadikan rujukan dari sebuah penelitian, tidak cukup hanyadengan penelitian tunggal. Hasil-hasil penelitian sebelumnya perlu dimanfaatkan dengan melakukan suatu sintesis dari hasil-hasil penelitian yang relevan dengan format yang sistematis, salah satunya dengan cara Scoping Review. Scoping Review  merupakan sebuah metode yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi sebuah literatu secara mendalam dan menyeluruh yang dapat diperoleh dari berbagai sumber dengan berbagai metode penelitian serta memiliki keterkaitan dengan topik penelitian (Arksey & O'Malley, 2005). Tujuan dari Scoping Review ini sendiri adalah untuk mengkaji gap antar penelitian, atau mengeksplore sudah sejauh apa sebuah topik tersebut telah diteliti. Hal ini perlu dikuasai oleh seorang peneliti agar topik yang nantinya akan diteliti memiliki alatasan ilmiah yang kuat. 

Mengingat adanya kewajiban melaksanakan publikasi sebagai persyaratan lulus bagi mahasiswa S2, Scoping Review ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa S2 yang mengalami kesulitan ketika harus mempublikasikan karya ilmiah sementara juga harus menyelesaikan tugas akhir berupa tesis. Dengan memiliki kemampuan Scoping Review, mahasiswa dapat menggunaknnya untuk menemukan topik penelitian yang nantinya akan digunakan untuk penelitian dan publikasi serta dapat meningkatkan kemampuan meneliti dan mengembangkan profesionalitas, terutama dalam menghasilkan artikel publikasi berdasarkan hasil-hasil penelitian terdahulu yang relevan.

Departemen S2 Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) telah melakukan upaya tersebut dengan melakukan Pelatihan Metodologi Penelitian Scoping Review yang dilaksanakan selama dua hari pada hari Jumat, 16 dan 23 September 2022 di Gedung Moh. Amin Lantai 3. Dengan menghadirkan Bapak Restu Tri Handoyo, S.Psi., M.Si., Ph.D., Psikologi. yang merupakan dosen dari Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai pemateri utama dalam pelatihan ini. Beliau menjelaskan bahwa terdapat tiga tahapan dalam melakukan Scoping Review yaitu review question, eligibility criteria dan search strategy. "Scoping Review adalah metode, salah satu metode yang disebut evidence synthesis. Adanya kebutuhan untuk memahami metode-metode evidence synthesis, karena kita memasuki masa dimana perkembangan penelitian cepat sekali" tegas Beliau. (WVN)