Peringati Lustrum Perdana, Psikologi Angkat Isu Mental Health dalam Lomba Pidato

Memperingati hari ulang tahun umumnya identik dengan sebuah perayaan. Sama halnya dengan Jurusan Psikologi Univeristas Negeri Yogyakarta (UNY) yang memeriahkan lustrum perdananya dengan melakukan serangkaian acara yang dirangkum dalam Psymphony—Psychology's Masterpiece in Harmony. Psymphony dalam lustrum perdana ini diharapkan mampu mengharmonisasi civitas akademika Psikologi UNY. Salah satu kemeriahan yang diselenggarakan dalam memperingati lustrum Psikologi UNY yakni lomba pidato SMA/SMK sederajat se-DIY dan Jawa Tengah. Lomba tersebut sebagai kegiatan kedua dalam rangkaian acara Lustrum Psikologi UNY setelah diadakannya seminar dan workshop “How to Deal with Stress on Campus Life” sebelumnya pada (13/03/2020). Selain untuk memperingati lustrum perdana Psikologi UNY, lomba tersebut juga sebagai kegiatan dalam melakukan branding kepada sekolah-sekolah menengah atas. Acara lomba pidato tersebut diselenggarakan pada Sabtu (14/03/2020) lalu di Abdullah Sigit Hall, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Acara lomba pidato dibuka dengan sambutan oleh Fathina ‘Azizah selaku ketua panitia dan Dr. Siti Rohmah Nurhayati, S.Psi., M.Si. sebagai ketua Jurusan Psikologi UNY sekaligus juri dalam perlombaan tersebut. Kedua juri lainnya yang juga turut andil dalam lomba yakni Banyu Wicaksono, S.Psi., M.Sc. dan M. Rasyid Ridlo, M.Pd. Lomba pidato yang diikuti sebanyak tujuh belas peserta itu mengangkat tema mental health sebagai fokusnya. “Soalnya tujuan psymphony 2020 ini tuh memang sesuai dengan bidang studi kita, psikologi. Memang ingin mempromosikan mental health disemua acara kita. Anak-anak SMA dapat materi bikin pidato tentang mental health juga pasti kan cari-cari dan riset dikit-dikit tentang apa itu mental health,” ujar Fathina.

Meskipun menuai kendala berupa jadwal yang bertubrukan dengan waktu penyelenggaraan ujian tengah semester SMA/SMK sederajat dan beberapa peserta mengundurkan diri karena pandemi COVID-19, kegiatan lomba pidato ini tetap berjalan dengan kondusif. Sembari menunggu perhitungan hasil dari juri, kegiatan ini juga mendatangkan Muhammad Hajarul Daffa sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMAPSI) UNY dan Caka Patala sebagai wakil ketua untuk menjelaskan tentang sejarah Jurusan Psikologi, jalur masuk, daya tampung, maupun hal-hal yang berkaitan dengan HIMAPSI UNY.  Sesi tersebut dilanjutkan dengan tanya-jawab dan pengumuman hasil lomba. Peringkat pertama lomba pidato ini diraih oleh Ahmad Arun Nafidz dari MAN 1 Yogyakarta, peringkat kedua diraih oleh Oktovina Hanani Christine dari SMA Stella Duce 2, dan peringkat ketiga diraih oleh Vio Ayalus Paongladandeno dari SMA Kolese De Britto.

“Secara tujuan kita sampai ke anak-anak SMA untuk dapat materi tentang mental health-nya. Bahkan beberapa bisa mengangkat kasus yang ada di sekitar mereka,” ujar ketua panitia Psymphony 2020 itu. “Harapan kedepannya semoga Psikologi UNY selalu punya wadah untuk teman-teman SMA berkreasi dan membantu teman-teman SMA atau pelajar memahami tentang kesehatan mental,” pungkasnya.
(shs)