SARASEHAN ILMIAH PSIKOLOGI "EMOSI POSITIF"

Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan menggelar sarasehan psikologi di Abdullah Sigit Hall. Forum diskusi ilmiah ini mengundang dosen psikologi Universitas Katolik Soegijapranata, Lucia Trisni Widhianingtanti.

Forum ilmiah ini dimaksudkan untuk mengembangkan wawasan dan pengetahuan keilmuan psikologi. Topik yang diangkat Lucia adalah "Emosi Positif" yang merupakan tema cabang psikologi positif, untuk mengamati dan mengembangkan sisi baik manusia.

Harapannya, mengenal psikologi positif akan mengantarkan individu pada kebahagiaan murni dan menjadikan manusia berfungsi maksimal dalam hidupnya, baik di dalam keluarga, masyarakat, dan negara.

"Dengan adanya sifat-sifat individual yang penuh kekuatan ini maka akan sangat besar kemungkinan terwujudnya kekuatan dan pemberdayaan individu dalam pembangunan bangsa," ujar Lucia.

Lucia juga menjelaskan emosi-emosi positif yang lahir dari jenis waktunya. Ternyata emosi amat berkaitan dengan kurun masanya. "Misalnya di masa lalu, emosi positif yang timbul adalah rasa puas, bangga, dan tenang. Emosi di masa sekarang adalah rasa puas dan gratifikasi. Serta emosi di masa depan berkaitan dengan optimisme, harapan, keyakinan, dan kepercayaan diri," papar Lucia.

Arummayang Nuansa Ainurrizki, salah satu mahasiswa yang mengikuti sarasehan ilmiah ini menyatakan apresiasinya terhadap materi yang disampaikan Lucia. “Mengetahui emosi positif dan dampaknya terhadap kita bikin kita sadar bahwa mengendalikan perasaan punya efek besar mempengaruhi perilaku kita," ujar Arummayang.

Salah satu harapan dari kegiatan ini, mahasiswa dapat termotivasi untuk belajar dan menambah wawasan mengenai keilmuan psikologi positif. (Muhammad Abdul Hadi/JK)