Visiting Professor: Isu Terkini dalam Psikologi Pendidikan

Yogyakarta, 16/05/2023- Program Studi Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melaksanakan acara Visiting Professor pada hari Rabu, 15 Mei 2024. Acara ini dimulai pukul 08.30 WIB di Abdullah Sigit Hall FIPP UNY dan dihadiri lebih dari 100 mahasiswa Psikologi.

Acara ini dinarasumberi oleh Prof. David Evans, Ph.D., dari University of Sydney yang merupakan Dosen Special and Inclusive Education. Acara ini juga dimoderatori oleh Rizqy Cahyo Utomo, M.Psi. yang merupakan Dosen Psikologi UNY. Acara dimulai dengan pembacaan CV dari Prof. David Evans, Ph.D., dan dilanjutkan pada pemaparan materi.

Pemaparan materi dari Prof. David Evans, Ph.D. dimulai dari banyaknya kasus bidang Psikologi Pendidikan yang belum terbaca. Narasumber menjelaskan bahwa fungsi dari ilmuwan Psikologi Pendidikan bisa memahami proses pengajaran di sekolah. Beliau mengatakan bahwa belum diciptakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur intelegensi manusia secara menyeluruh. Contohnya IST yang hanya mengukur 9 kecerdasan manusia.

Narasumber juga menjelaskan bagaimana pengajaran terjadi di kelas. Lalu juga disampaikan bahwa di kelas mayoritas seperti tidak ada gurunya dan menggambarkan bahwa banyak pendidik tidak  hadir di kelas atau bahasa mudahnya hanya formalitas untuk mengajar. Hal ini harus ditekankan bahwa pendidik harus bisa menaikkan motivasi siswanya dan pendidik juga lebih banyak mencontohkan dari pada hanya menyuruh peserta didik.

Selain hal yang telah disebutkan, masih banyak hal lain yang dibahas oleh Narasumber, seperti proses berfikir manusia yang disandingkan dengan AI, lalu kurikulum harus diperbaiki dengan melibatkan praktisi dari bidang Psikologi Pendidikan. Hal ini tentunya menjadi sebuah pembahasan yang hangat dalam isu terkini bidang psikologi pendidikan.