Benchmarking Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ke Jurusan Psikologi FIP UNY

(25/09), Benchamarking Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ke Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan UNY dilaksanakan di Ruang Sidang 1 FIP UNY dan disambut oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama Dr. Cepi Syafruddin, M.Pd dan Sekretaris Jurusan Psikologi Dr. Farida Agus Setiawati, M.Si. Sedangkan Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta diwakili oleh Miftahuddin, M.Psi beserta 3 rekan lainnya. Tujuan kunjungan ini perintisan kerjasama dalam bidang relasi maupun akademik di kemudian hari, yang disampaikan oleh Miftahuddin dalam sambutannya. Fakultas Ilmu Pendidikan UNY menyambut baik maksud kunjungan tersebut dengan harapan bahwa hal tersebut dapat terlaksana dalam bentuk kegiatan yang berkelanjutan dan terus terjalin kerjasama yang baik.

Kegiatan selanjutnya pemaparan profil FIP UNY dan profil jurusan Psikologi FIP UNY serta penjelasan lebih lanjut oleh Sekretaris Jurusan Psikologi tetang animo mahasiswa baru, tata kelola lembaga, kurikulum, kemahasiswaan maupun SDM-nya. Video tersebut juga memberikan gambaran kegiatan, pilihan mata kuliah, serta organisasi yang ada di Jurusan Psikologi FIP UNY. 

Acara tersebut kemudian dilanjut dengan diskusi dan ramah tamah. Pihak Psikologi FIP UNY membuka diskusi mengenai awal mula pembentukan jurusan dan lika-liku dalam menentukan fokus jurusan. Disampaikan pula oleh Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terkait awal mula pembentukan jurusan hingga akhirnya menjadi Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dari paparan tersebut diambil banyak makna dan manfaat yang dapat diambil dari segi struktur administrasi dan alur regulasi struktural organisasi masing-masing pihak.

Diskusi berlanjut hingga akhirnya karena keterbatasan waktu acara harus selesai. Acara diakhiri dengan penyerahan cinderamata dari masing-masing pihak dan dokumentasi. Semoga acara kunjungan benchmarking ini mampu memberikan insight bagi masing-masing pihak dan mampu melanjutkan kerja sama di masa depan.