Kunjungan Kepala Rutan kelas II A Wirogunan beserta jajaran ke Departemen Psikologi FIPP UNY dalam Rangka Rintisan Kerjasama

Kamis (18/01/2024) Pukul 14.00 WIB  - 16.30  WIB Departemen Psikologi FIPP UNY menerima tamu Kepala Rutan kelas II A Wirogunan, Bapak Soedarto beserta beberapa jajarannya, antara lain Kepala Seksi Layanan Tahanan, Kepala Seksi Kesehatan, Kepala Seksi program,  perawat, dan staf KKR. Kunjungan diterima oleh Ketua departemen psikologi FIPP, Ibu Dr Rosita EK, M.Si, Sekretaris Departemen, Dr Kartika Nur Fathiyah, M.si, Korprodi S2 psikologi Prof. Dr. Farida Sgus Setiawati, M.Si, dan sejumlah dosen psikologi FIPP UNY.

Pertemuan tim Rutan Kelas IIA Wirogunan dan tim Departemen Psikologi FIPP UNY dimaksudkan untuk membicarakan rintisan Kerjasama antara Departemen Psikologi FIPP UNY dan Rutan kelas II A Wirogunan. Selama ini banyak permasalahan yang terdapat di Rutan antara lain permasalahan Kesehatan mental penghuni rutan, belum optimalnya kompetensi petugas untuk memberikan layanan kepada tahanan terutama layanan psikologis, dan berbagai permasalahan lain. Dari departemen psikologi disampaikan berbagai sumber daya yang dapat dioptimalkan untuk membantu mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi rutan melalui kegiatan penelitian, pengabdian kepada Masyarakat, magang mahasiwa, dan kegiatan lain.

Pertemuan menghasilkan beberapa kesepakatan antara lain rencana kerjasama kedua belah pihak yang akan ditindaklanjuti dengan penandatangan dokumen kerjasama, antara lain PKS (Perjanjian Kerjasama) dan implementasi Kerjasama (IA, Implementation Agreement). Direncanakan pertemuan perdana ini akan diikuti pertemuan-pertemuan selanjutnya untuk mengimplementasikan kesepakatan yang telah dibicarakan.