PKKMB Program Magister Psikologi UNY Membuka Pintu Petualangan Baru dengan Psikologi Positif

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan suatu upaya untuk mengenalkan kepada mahasiswa baru mengenai iklim akademik, pelaksanaan kurikulum, serta aspek-aspek penting lainnya yang akan memfasilitasi perjalanan studi. Jum’at, 11 Agustus 2023, Prodi Magister Psikologi telah menyelenggarakan PKKMB yang humanis dan membahagiakan. Kegiatan tersebut bertempat di Aula IDB Gedung Lab Terpadu lt. 2 Universitas Negeri Yogyakarta yang diikuti oleh 40 mahasiswa. Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 pagi dan berlangsung hingga pukul 11.00 siang.

Kegiatan PKKMB prodi ini diawali dengan pemberian materi oleh Koordinator Program Studi Psikologi yaitu Dr. Rosita Endang Kusmariyani, M.Si. Dalam penyampaiannya terkait kurikulum, peraturan prodi, serta pengenalan prodi beliau juga mengungkapkan harapannya agar mahasiswa baru dapat memanfaatkan waktu di kampus dengan baik, mengembangkan potensi diri, dan dapat menerapkan psikologi positif dalam kehidupan sehari-hari. Mahasiswa baru sangat antusias mengikuti sesi ini, tampak dari banyaknya pertanyaan yang diajukan terkait mata kuliah wajib, pilihan, peluang riset, dan karir di masa depan.

Kegiatan selanjutnya, berupa sharing season bersama kakak tingkat yang diisi oleh Ahmad Fadil, S.Psi dan Atikah Wahyu Permatasari, S.Psi. Pada sesi ini mahasiswa baru diberi keleluasaan untuk menanyakan hal-hal detail serta pengalaman-pengalaman kakak tingkat selama berkuliah di Prodi Magister Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta. Sesi tersebut sangat menarik antusias mahasiswa baru yang tercermin dari berbagai pertanyaan yang diajukan hingga tak terasa bahwa waktu bagian sesi tersebut telah usai. Mereka juga tampak antusias untuk sharing terkait pengalaman kerja yang pernah mereka jalani. Selanjutnya. kegiatan PPKMB ditutup dengan foto bersama.

Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan informasi dan dukungan kepada mahasiswa baru dalam menghadapi perjalanan akademik dan sosial di lingkungan kampus. Selain itu mahasiswa baru dapat menjalani masa studi mereka dengan semangat dan prestasi yang gemilang.